Loading...

Senin, 03 Januari 2011

Cara Mengakali Caching DNS Telkomsel Flash

caching dns telkomsel flash unlimitedMungkin belakangan ini banyak diantara teman-teman pengguna jasa layanan Telkomsel flash unlimited merasa kesal atas ulah operator telekomunikasi terbesar di Indonesia ini. Sebut saja soal speed yang makin hari makin lemot, banyak situs yang tidak bisa diakses, susah untuk melakukan koneksi (dialling) serta caching DNS yang terlalu lama. Untuk soal speed dan susahnya melakukan koneksi, mungkin masih di maklumi karena pengguna Telkomsel flash unlimited ini cukup banyak, sehingga masih bisa dikategorikan sebagai hal yang wajar jika situasi ini tetap terjadi.
Namun, bagaimana dengan masalah situs yang tidak bisa dibuka serta caching DNS yang terlalu lama? Untuk hal ini, sepertinya tidak bisa di tolerir lagi karena benar-benar sangat mengganggu. Coba bayangkan, blog belajar seo ini sudah saiia update berkali-kali, namun jika diakses menggunakan telkomsel flash, yang muncul di halaman pertama bukanlah posting-posting terbaru, melainkan posting yang saiia buat pada tanggal 12 januari lalu. Sebuah kondisi yang cukup mengganggu bukan?
Untuk beberapa bulan yang lalu, saiia bisa dengan mudah mengakali kondisi ini hanya dengan menggunakan Open DNS, namun sangat disayangkan, penggunaan Open DNS pada saat sekarang ini jarang berhasil. Entah apa penyebabnya, saiia sendiri kurang tau. Namun menurut master IT kang Harry sufehmi dalam artikel ISP : fix your bloody DNS,  beliau menjelaskan bahwa refresh rate caching DNS telkomsel itu memang sengaja di set satu minggu sekali. Bahkan mayoritas ISP besar di Indonesia pun melakukan hal tersebut. Sehingga situs-situs yang kita akses itu, rata-rata cuma cache dari user lain. Alamak… apa-apaan nih, masa pelanggan tsel flash cuma disuruh akses situs-situs yang ga up to date. Cape deh…
Nah, cara mengakali kejadian semacam itu, menurut saiia tidak ada cara lain selain memanfaatkan free proxy, private proxy atau SSH Tunnel.  Untuk free proxy, di Google banyak, namun tidak optimal karena yang menggunakan orang banyak. Sementara untuk private proxy, bisa dibuat jika kita memiliki server sendiri, paling tidak ya VPS. Namun untuk account SSH tunnel tanpa shell akses, saiia masih ada stok dan masih bisa dipergunakan bersama-sama. Detailnya silahkan lihat dibawah ini.
1. Server: abangadek.com <<— milik kang Harry juga kalau ga salah :D
username: net
password: cepat123
2. Server: 209.25.133.89, <<— unknown, saiia nemu di Google
username: outpower
password: password
3. Server: 205.234.132.157 <<— unknown juga :D
username: demo
password: cpanel
Jika ada dari teman-teman belum tau cara tunneling via ssh, silahkan lihat tutorialnya di tempatnya kang Harry juga, linknya disini. Eniwei, semoga bermanfaat.


Browsing Internet 10x lebih Cepat dan Stabil

OK, pada posting ini saya akan membukakan rahasia koneksi Internet saya yang bisa cepat dan stabil walaupun melalui koneksi XL-GPRS / handphone sekalipun.
Seorang saudara yang saya beritahu trik ini, kecepatan akses Internetnya naik sampai 10x lipat menurutnya. Dia perlu download Nokia PC Suite pada peak hours, dan dikatakan akan membutuhkan waktu 5 jam oleh Internet Explorer. Begitu menggunakan trik ini, ternyata hanya membutuhkan waktu sekitar 1/2 jam. [1]
Saya tdak akan bertele-tele atau meminta Anda klik di banyak link atau membeli eBook :) langsung saja, hanya ada 2 langkah yang perlu Anda lakukan. Langkah pertama adalah :
putty -P 222 -N -D 9999 -C net@cepat.abangadek.com
[2]
Bagi pengguna Linux/Unix, bisa mengetikkan perintah dibawah ini sebagai gantinya:
ssh -o “CompressionLevel=9″ -C -D 9999 -p 222 -N net@cepat.abangadek.com
Ketika diminta password, ketikkan cepat123
Jika tidak ada pesan apapun yang muncul di layar, maka Anda telah terkoneksi dengan sukses ke server saya.
Langkah kedua adalah mengubah setting browser Anda.
Contoh cara mengubah setting di Internet Explorer :
Pilih menu Tools - Options,
klik tab Connections,
klik tombol LAN Settings,
enable “use a proxy server”, lalu klik Advanced,
isi seperti di ilustrasi di bawah ini, lalu klik OK.
net-cepat-ie.jpg
Contoh cara mengubah setting di Firefox :
Pilih menu Edit - Preferences,
klik icon Advanced,
klik tab Network,
klik tombol Settings,
lalu setup seperti ilustrasi di bawah ini,
dan klik OK.
net-cepat-firefox.jpg
(pada intinya, arahkan agar browser menggunakan SOCKS proxy di localhost, port 9999)
Selesai ! Selamat menikmati browsing Internet yang lebih cepat dan stabil !
Semoga dapat membantu kelancaran aktivitas Anda sehari-hari :)
FAQ
  1. Tanya: Saya menggunakan Windows, tapi tidak ada software Putty di komputer saya. Darimana saya bisa mendapatkannya ?
    Jawab: PuTTY bisa Anda download dari sini. Lalu simpan di C:\WINDOWS\
  2. Tanya :Bagaimana cara kerja akselerasi ini ??
    Jawab: Secara sederhana, perintah putty/ssh diatas akan membuat “tunnel” ke server saya, cepat.abangadek.com. Akses internet Anda akan dilalukan ke server ini. Bisa menjadi lebih cepat karena (1) dikompresi / dipadatkan secara otomatis (2) tidak perlu berkali-kali konek ulang ke berbagai situs, karena selalu sudah konek ke tunnel tersebut (3) semua overhead protokol HTTP dikerjakan oleh server saya, di link sebesar 10 Mbps
  3. Tanya : Tunnel ke server milik Anda ? Berarti musti membayar dong ?
    Jawab: Tidak perlu, ini layanan gratis dari saya. Saya cuma berdoa mudah-mudahan sih servernya kuat untuk melayani serbuan pengguna layanan ini ;-)
  4. Tanya : Apakah trik ini bisa mempercepat akses Internet selain browser - seperti email, dll ?
    Jawab: Bisa, tapi ini sudah masalah yang cukup teknis. Daripada memusingkan Anda, solusinya bisa didapatkan dengan search keyword “socksify” di Google.
  5. Tanya: Server Anda jelek !!! Tidak bisa diakses! Host not found ! Password nya error ! Kenapa saya di ban oleh Anda ???
    Jawab : Sebelum menyalahkan saya, ketahui bahwa ada puluhan / ratusan pengguna layanan ini setiap hari, yang tidak bermasalah & menikmati akses Internet lebih cepat melalui layanan ini.
    Jadi, kalau yang bermasalah cuma Anda sendirian, maka jelas masalahnya ada pada sisi Anda :P
    Setiap komplain yang senada akan saya hapus, untuk menghemat ruang komentar.
  6. Tanya : Saya test kecepatan, kok malah jadi tambah lambat ??
    Jawab : Secara singkat: ya tidak apa, tidak usah dipakai lah kalau begitu :P
    Lebih lengkapnya: ** tidak ada ** layanan speedtest yang bisa 100% tepat mengukur kecepatan akses internet anda. Hal ini karena sifat internet itu sendiri yang terdistribusi.
    Contoh: jika Anda melakukan speedtest dengan server di Indonesia, maka kecepatan akses yang Anda dapatkan akan berbeda ketika Anda mengakses situs di Amerika.
    Keterangan lebih lanjut bisa dibaca misalnya di halaman ini (bagian “What can affect the Bandwidth Meter results”).
  7. Tanya : Bagus, saya suka. Apa yang bisa saya bantu ?
    Jawab:Pada saat ini mungkin adalah dengan menguji coba layanan ini, dan melaporkan hasilnya kepada saya.
  8. Tanya : Kalau ada pertanyaan lagi, silahkan tinggalkan komentar di posting ini.
    Jawab: Oke.
Catatan :
[1] Tentu saja belum tentu semua orang akan pasti tercepatkan sampai 10x lipat, karena akselerasi yang didapatkan bergantung kepada banyak faktor. Yang jelas, semua yang sudah saya beritahu ini menikmati peningkatan kecepatan & kestabilan akses Internetnya.
Ada seorang kenalan saya yang membayar biaya koneksi Rp 1.500.000 per bulan dari Telkom Speedy untuk warnetnya, tapi tetap saja luar biasa lambat. Setelah menerapkan trik ini, semua customernya tercengang, “kok Internetnya cepat ya?”
(lha, maunya lambat, gitu ? ;) )
[2] Credit: Terimakasih banyak kepada Bambang Priambodo untuk informasi switch -D pada ssh. Moga-moga jadi amal jariyah untuk sampeyan, Amin.

Primary DNS: 202.3.208.11
Secondary DNS: 202.3.210.11

or

Primary dan Secondary DNS: 0.0.0.0

2 komentar:

  1. mas, kalo cara setting di OSX mac bagaimana ya.. terimakasih sebelumnya

    BalasHapus